Minggu, 01 November 2015

Manajemen komunikasi dan organisasi

Hay sobat blog, pambahasan kali ini terkait degan manajemen komunikasi, teman-tema tahu tidak apa itu komunikasi ? yap seperti yang anda pikirkan komunkasi itu pastilah berkaitan dengan berbagi info, berinteraksi, dan juga sebagi pemberitahu. Komunikasi seringkali kita lakukan akan tetapi pada saat ingin didefinisikan serinngkali kita bingung sendiri padahal komunikasi tidak hanya dapat dikatakan ketika kita berbincang saja tetapi bisa juga dengan gerak tubuh asalkan orang yang kita temani berkomunikasi menagkap informasi yang kita sampaikan sesuai dengan keinginan kita.

Berdasarkan fungsinya komunikasi terbagi atas 3 yakni :persuasive, educative dan informative.

Dalam berkomnikasi ada unsur-unnsur pokok yang harus diperhatikan dalam proses komunikasi diantaranya :

1.       
Source = Sumber informasi
2.      
Message = Gagasan/ide berupa pesan
3.      
Channel = Media atau sarana
4.      
Effect = Dampak dari proses komunikasi

Dalam manajemen komunikasi yang dilaksanakan dalam suatu aktifitas public relation yakni berkaitan dengan hman relation dan manajemen komunikasi.

Human relation ini memiliki makna sebagai interaksi yang dilakuakan antara satu orang dengan orang lain, satu rang dengan kelompok yang menyangkut tentang hubungan manusia, moral dan aktivitas sehari-hari yang bertujan untuk mencapai kepuasan bersama di antara kedua belah pihak.

Keith davis menyatakan bahwa falsafah human relation mencakup :

1.        Kepentingan bersama
2.       Harga diri
3.       Perbedaan-perbedaan individu

Adapun prinsip-prinsip dalam human relation pada suatu  lebaga yakni :

1.        Importance of individual
2.       Saling menerima
3.       Standar moral yang tinggi
4.       Kepentingan beersama
5.       Keterbukaan komunikasi
6.       Partisipasi

Dalam manajemen komunikasi pada suatu lembaga dapat dibagi manjadi tiga tingkatan yaitu: top, middle dan lower dimana komunikasi dalam lembaga ini bersifat tiga dimensi yakni :

1.        Komunikasi vertical
2.       Komunikasi horizontal
3.       Komunikasi eksternal

Adapun pembahasn terkait komunikasi yang di dalamnya mengandung proses transaksional yaitu:

1.        Mempertukarkan symbol
2.       Membentuk makna tertentu
3.       Mengembangkan harapan-harapan

Ada tiga teknik yang dapat di pergunakan oleh seorang public relation dalam menghadapi informasi yang masuk baik dari segi eksteral dan internal yakni :

1.        mengikuti arus informasi
2.       menentang arus informasi
3.       mengelola arus informasi.


Samapai jumpa lagi……… semoga bermanfaat…………..

1 komentar:

  1. Casino Review 2021
    Casino 총판모집 Review. We've done 슈어 벳 먹튀 a whole lot of research and 윌리엄힐 have found that 랜덤 룰렛 the Casino has a good reputation. The fact that we can offer many  Rating: 4.5 · ‎Review by 업소 사이트 Woorica

    BalasHapus