Hai sobat blog sekalian, terkait dengan pembahasan kali ini
kita akan banyak-banyak membahas tentang komunikasi, yang diantaranya juga
mencakup tentang determiasi masyarakat informasi, MBO ( manajemen by objektif
), serta konsep dan fungsi komunikasi organisasi.
Wah dengan pembhasn kali ini teman-temn mungkin akan bertanya,
apa sih determinasi itu ?, bagaimana sih pelaksanaan MBO itu ? serta seperti
apa konsep dan fungsi dari komunikasi organisasi itu ?.
Nah dengan munculnya pertanyaan sperti diatas maka mari kita
simak bersama penjelasan di bawah ini.
1.
Determinasi masyrakat informasi adalah seperti
yang dikemukakan oleh alfin tofler bahwa pada abad ke-21 nanti akan menjadi
abad informasi yang mengglobal dan melanda setiap negara. Jadi pada abad ini
manusia secara keseluruhan adalah masyatrakat informasi dimana setiap atau
segala aktifitasanya akan dengan mudah mendapatkan informasi dengan semakin
canggihnya perkembangan teknologi.
2.
MBO (manajemn by objectif ) adalah proses dimana
pihak manajer tingkat bawah dan tingkat atas bersama-sama mengidentifikasi atau
sebagai tolak ukur pekerjaan bawahannya berdasarkan tujuan organisasi.
Dengan pernyataan diatas maka timbul pertanyaan, apa sih
hubungannya PR dan MBO ? jadi hubungan
antara PR-MBO ini sangatlah penting, mengapa ? karena PR merupakan slah satu
penyanggah organisasi yang tujuannya
untuk mencapai citra organisasi.
Manurut Charles dalam buku ang berjudul the rational manager menyebutkan ada 3 bentuk
dari specipic PR-MBO yakni :
a.
Interim objectif
b.
Problem corrective and prevention
c.
Adaptive objective
3.
Konsep dan fungsi manajemen komunikasi
organisasi. dalam hal ini ada empat assumsi pokok dalam memahami komunikasi
diantaranya :
a.
Komunikasi merupakan suatu proses
b.
Komunikasi adalah suatu pertukaran pesan
c.
Komunikasi merupakan interaksi yang bersifat
multidimensional
d.
Komunikasi merupakan interasksi yang mempunyai
tujuan.
Konsepsi komunikasi, komunikasi tidak hanya dimaknakan
sempit akan tetapi komunikasi ini bersifat multi makna, artinya banyak makna
yang dapat terkandung dalam komunikasi, diantaranya :
a.
Komunikasi sebagai proses social
b.
Komunikasi sebagi peristiwa
c.
Komunikasi sebagai ilmu
d.
Komunikasi sebagai kiat-kiat dan keterampilan
khusus.
Sedangkan manajemen komunikasi organisasi bermakna sebagai
basis untuk mengadakan kerja sama interaksi dan menbarkan pengaruh dalam
manajemen organisasi, missal : dalam pegambilan keputusan, berperan dalam
proses pengawasan, untuk menetapkan sasaran dan tujuan.
Fungsi dari komunikasi organisassi di bagi menjadi 2 yaitu :
a.
Produksi dan pengaturan
b.
Sosialisasi dan pemeliharaan.
Ok sampai di situ dulu yah, sampai jumpa lagi…….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar