Sabtu, 14 November 2015

determinasi masyrakar informasi, MBO, konsep, fungsi manajemen komunikasi organisasi

Hai sobat blog sekalian, terkait dengan pembahasan kali ini kita akan banyak-banyak membahas tentang komunikasi, yang diantaranya juga mencakup tentang determiasi masyarakat informasi, MBO ( manajemen by objektif ), serta konsep dan fungsi komunikasi organisasi.
Wah dengan pembhasn kali ini teman-temn mungkin akan bertanya, apa sih determinasi itu ?, bagaimana sih pelaksanaan MBO itu ? serta seperti apa konsep dan fungsi dari komunikasi organisasi itu ?.

Nah dengan munculnya pertanyaan sperti diatas maka mari kita simak bersama penjelasan di bawah ini.

1.        Determinasi masyrakat informasi adalah seperti yang dikemukakan oleh alfin tofler bahwa pada abad ke-21 nanti akan menjadi abad informasi yang mengglobal dan melanda setiap negara. Jadi pada abad ini manusia secara keseluruhan adalah masyatrakat informasi dimana setiap atau segala aktifitasanya akan dengan mudah mendapatkan informasi dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi.

2.       MBO (manajemn by objectif ) adalah proses dimana pihak manajer tingkat bawah dan tingkat atas bersama-sama mengidentifikasi atau sebagai tolak ukur pekerjaan bawahannya berdasarkan tujuan organisasi.

Dengan pernyataan diatas maka timbul pertanyaan, apa sih hubungannya PR dan MBO  ? jadi hubungan antara PR-MBO ini sangatlah penting, mengapa ? karena PR merupakan slah satu penyanggah organisasi  yang tujuannya untuk mencapai citra organisasi.
Manurut Charles dalam buku ang berjudul  the rational manager menyebutkan ada 3 bentuk dari specipic PR-MBO yakni :

a.       Interim objectif
b.       Problem corrective and prevention
c.        Adaptive objective

3.       Konsep dan fungsi manajemen komunikasi organisasi. dalam hal ini ada empat assumsi pokok dalam memahami komunikasi diantaranya :

a.       Komunikasi merupakan suatu proses
b.       Komunikasi adalah suatu pertukaran pesan
c.        Komunikasi merupakan interaksi yang bersifat multidimensional
d.       Komunikasi merupakan interasksi yang mempunyai tujuan.

Konsepsi komunikasi, komunikasi tidak hanya dimaknakan sempit akan tetapi komunikasi ini bersifat multi makna, artinya banyak makna yang dapat terkandung dalam komunikasi, diantaranya :

a.       Komunikasi sebagai proses social
b.       Komunikasi sebagi peristiwa
c.        Komunikasi sebagai ilmu
d.       Komunikasi sebagai kiat-kiat dan keterampilan khusus.

Sedangkan manajemen komunikasi organisasi bermakna sebagai basis untuk mengadakan kerja sama interaksi dan menbarkan pengaruh dalam manajemen organisasi, missal : dalam pegambilan keputusan, berperan dalam proses pengawasan, untuk menetapkan sasaran dan tujuan.
Fungsi dari komunikasi organisassi di bagi menjadi 2 yaitu :

a.       Produksi dan pengaturan
b.       Sosialisasi dan pemeliharaan.


Ok sampai di situ dulu yah, sampai jumpa lagi…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar