Assalamualaikum, sobat blog hari ini kita akan membahas
terkait dengan program kerja dan aktifitas humas. Terkadang banyak orang yang
mengatakan bagaimanasih sebenarnya tugas dari PR itu ?
Nah yuk kita simak terkait dengan apa sebenarnya program
kerja dan aktifitas yang dilakukan oleh PR terhadap publiknya. Sebellumnya telah
jita ketahui bahwa PR ini bertujuan untuk menciptkan hubungan yang harmonis
terhadap masyarakat maupun sasaran dari organisasi tersebut. Nah jelaslah bahwa
yang akan kita bahas kedepannya ini adalah suatu hal yang nantinya akan
mendukung terciptanya keharmonisan pada lembaga maupun masyarkat.
Adapun aktifitas yang dilakukan oleh pihak kehumasan dalam
praktek kerja nyata dilapangan yakni berkaitan dengan bagaimana ia menjadi
konseptor, penasihat, pengkomunikator, dan penilai yang handal. Jelaslah bahwa
dengan penunjukan tugas diatas PR itu bertugas sebagai penengah dari
permasalahan yang terjadi pada publiknya yang tujuannya akan merujuk kepada
pencitraan organisasi, namun piihak humas disini tidaklah memihak salah satu
dari yang berselisih sehingga dikatakan bahwa humas itu sebagai penegah.
Menurut cutlip ada 4 langkah-langkah pokok yang menjadi
landasan acuan untuk pelaksanaan program kehumsan yakni :
1.
Penelitian dan mendengarkan
2.
Perencaan dan pengambil keputusan
3.
Mengkomunikasi dan pelaksanaan
4.
Mengevaluasi
Nah ketika kita ingin menguraikan atau ingin digaambarkan
maka lingkaran atau langkah-langkah PR adalah :
1.
Menganalisis perilaku umum
2.
Menentukan dan memahami secara benar perilaku tiap-tiap
kelompok terhadap organisasi
3.
Menganalisis tingkat opini public
4.
Mengantisipasi kecenderungan-kecenderungan
5.
Menentukan formulasi dan merummuska
kebijakan-kebijakan
6.
Merencanakan alat atau cara yang sesuai untuk
menngkatkan atau merubah perilaku masyarakat sasaran
7.
Menjalankan dan melaksanakan aktfitas-aktifitas
sesuai program yang direncanakan
8.
Menerima umpan balik untuk dievaluasi.
Sampai ketemu lagi………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar