Minggu, 20 Desember 2015

marketing public relation dan social marketing

   Ketemu lagi teman-teman blogger. Pekan ini kita membahas terkait Marketing Publik Relation dan social marketing, jadi marketing pablik relation ini bermakna bahwa sanya ia adalah suatu proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian program-program yang dapat merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui pengkomunikasian informasi yang dapat dipercaya melalui kesan-kesan positif yang ditimbulkan dan berkaitan dengan identitas perusahaan atau produknya sesuai dengan kebutuha, keinginan, perhatian dan kepntingan bagi para konsumennya.

   Nah teman-teman telah ita ketahui bahwa marketing adalah pemasaran produk akan tetapi marketing public relation ini berbada dengan teknik pemasaran yang dilakukan oleh seles. Mau tau dimana bedanya ?.

   Udah jelaskan bedanya yang satu termanajemen dengan baik sedangkan yang satu pergerakan yang dilakukan ialah adanya interaksi langsung tatap muka dengan konsumen atau pihak yang menjadi sasarannya.

   Adapun peran marketing public relation adalah pensinergian antara pelaksana program, pembuata strategi, dan aktivitas program kerja humas dalam upaya perluasan pemasaran dan demi mencapai kepuasan konsumen.

   Nah, katika kita membahas MPR ini maka akan timbul pertanyaan mengapasih kita perlu strategi MPR itu ? kita membutuhkan strategi manakala kita dalam keadaan yang akan memungkinkan terjadinya penurunan efektifitas. Dimana kotler menyebutkan bahwa factor dbutuhkannya strategi adalah :

1.        Meningkatnya biaya promosi periklanan yang tidak seimbang dengan hasil keuntungan yang diperoleh dan keterbatasan tempat.
2.       Persaingan yang ketat dalam promosi dan publikasi, baik melalui media elektronik maupun media cetak dan sebagainya.
3.       Selera konsumen yang cepat mengalami perubahan dalam waktu relative pendek, karena banyaknya pilihan atau substitusi atas produk yang dittawarkan dipasar.
4.       Makin menurunnyaa perhatian minat dari konsumen terhadap tayangan iklan, karena pesan dalam iklan kini cenderung berlebihan dan membsankan perhatian dari konsumen.

   Adapun terkait dengan social marketing adalah upaya yang dilakukan pihak strategi public relation dalam mengubah perilaku public atau sasarannya. Seperti periklanan pesan-pesan moral, kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Maksudnya ialah dengan pesan yang di iklankan atau disiarkan itu dapat berpengaruh pada publicnya baik dalam segi perilaku dan pemikirannya.


See you next time………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar