Ketemu lagi teman-teman blogger. Pekan ini kita membahas
terkait Marketing Publik Relation dan social marketing, jadi marketing pablik
relation ini bermakna bahwa sanya ia adalah suatu proses perencanaan,
pelaksanaan, dan pengevaluasian program-program yang dapat merangsang pembelian
dan kepuasan konsumen melalui pengkomunikasian informasi yang dapat dipercaya
melalui kesan-kesan positif yang ditimbulkan dan berkaitan dengan identitas
perusahaan atau produknya sesuai dengan kebutuha, keinginan, perhatian dan
kepntingan bagi para konsumennya.
Nah teman-teman telah ita ketahui bahwa marketing adalah
pemasaran produk akan tetapi marketing public relation ini berbada dengan
teknik pemasaran yang dilakukan oleh seles. Mau tau dimana bedanya ?.
Udah jelaskan bedanya yang satu termanajemen dengan baik
sedangkan yang satu pergerakan yang dilakukan ialah adanya interaksi langsung
tatap muka dengan konsumen atau pihak yang menjadi sasarannya.
Adapun peran marketing public relation adalah pensinergian
antara pelaksana program, pembuata strategi, dan aktivitas program kerja humas
dalam upaya perluasan pemasaran dan demi mencapai kepuasan konsumen.
Nah, katika kita membahas MPR ini maka akan timbul
pertanyaan mengapasih kita perlu strategi MPR itu ? kita membutuhkan strategi
manakala kita dalam keadaan yang akan memungkinkan terjadinya penurunan
efektifitas. Dimana kotler menyebutkan bahwa factor dbutuhkannya strategi
adalah :
1.
Meningkatnya biaya promosi periklanan yang tidak
seimbang dengan hasil keuntungan yang diperoleh dan keterbatasan tempat.
2.
Persaingan yang ketat dalam promosi dan
publikasi, baik melalui media elektronik maupun media cetak dan sebagainya.
3.
Selera konsumen yang cepat mengalami perubahan dalam
waktu relative pendek, karena banyaknya pilihan atau substitusi atas produk
yang dittawarkan dipasar.
4.
Makin menurunnyaa perhatian minat dari konsumen
terhadap tayangan iklan, karena pesan dalam iklan kini cenderung berlebihan dan
membsankan perhatian dari konsumen.
Adapun terkait dengan social marketing adalah upaya yang
dilakukan pihak strategi public relation dalam mengubah perilaku public atau
sasarannya. Seperti periklanan pesan-pesan moral, kesehatan, pendidikan dan
lain-lain. Maksudnya ialah dengan pesan yang di iklankan atau disiarkan itu
dapat berpengaruh pada publicnya baik dalam segi perilaku dan pemikirannya.
See you next time………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar