Hai para pembaca hari ini saya akan post materi terkait
dengan keterampilan-keterampilan apa saja sih atau kemampuan apa saja sih yang
harus dimiliki oleh seorang public relation ? nah dibawah ini saya akan
menuliskan tentang keterampilan yang perlu dimiliki oelh sseorang public
relation.
Ok lanjut aja, nggak perlu banyak basa basi lagi, kemampuan public relation adalah sebagi berikut :
Ok lanjut aja, nggak perlu banyak basa basi lagi, kemampuan public relation adalah sebagi berikut :
- Manajerial skill
Manajerial skill merupakan kemampuan dalam mengkonsep suatu
pernyataan ketika menghadapi suatau permasalahan. dimana manajerial skill ini
paling dominan berperan sebagai expert prescriber.
Teman -teman pasti bertanya terkait dengan apa sih expert
prescriber itu ?.
Ok lanjut saya akan menjelaskan kebingungan dari teman teman
terkait tentang expert prescriber ini, expert prescriber dapat bermakna sebagai
memberikan penjelasan, maksud dari memberikan penjelasan adalah seorang PR
harus mampu menjelaskan tentang apa-apa saja yang menjadi pengopinian atau
perbincangan masyarakat terkait dengan masalah atau kendala ataupun hal lainnya
yang dihadapi oleh organisasi dengan tujuan pencitraan organisasi.
2. Human relation
Human relation merupakan penghubung antara orang satu dengan
orang yang lain yang bertujuan sebagai problem solving ditengah-tengahnya. contohnya
ketika terjadi perseteruan antara, anggaplah ada dua belah pihak yang saling
berseteru nah disinilah kemampuan dari seorang PR itu dibutuhkan untuk
memberikan masukan-masukan atau solusi-solusi yang mampu untuk memberhantikan
perseteruan yang terjdi diantara kedua belah pihak tersebut.
3. Tehnical skill
Tehnical skill adalah mereka yang mampu menggunakan
teknologi(media) dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang PR.
Dari skill yang bagian ketiga dapat disimpulkan bahwa
seorang PR tidak hanya diperuntukkan untuk kerja secara oral atau lisan saja
akan tetapi aeorang PR dituntut juga untuk mampu dalam penggunaan media-media
agar lebih memudahkan dan memperlancar kinerjanya, dan dengan adanya kemampuan
dalam menggunakan media ini hal-hal yang akan disampaikan oleh pihak yang
bersangkutan akan mudah dalam penyebarannya.
Ada dua jenis bidang PR yang diwujudkan dalam bentuk
publikasi yakni sebagai berikut :
- Penyebaran profil
- Siaran pers
Ada beberapa hall yang perlu di perhatikan oleh seorag pers
dalam melakukan jumpa pers seperti :
- Mempersiapkan data-data tertulis yang akurat,
- Memperhatikan gaya bicara pada saat jumpa pers,
- Memberikan sikap(tidak memihak),
- Menggunakan bahasa yang mudah dipahami,
- Menyapaikan secara baik,
- Memecahkan persoalan,
- Harapan-harapan kedepan,
- Melakukan tindak lanjut.
Semoga bermanfaat.......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar